7 Kiat Sukses Memulai Bisnis Kuliner » Businesstech Hashmicro

Namun, ada satu pekerjaan yang terbilang menyenangkan atau menuntut kreativitas dan kemampuan dalam melihat perkembangan pasar, yaitu usaha kuliner. Menjual mie ayam memang sepintas tampak terlalu biasa namun jika anda mengetahui perhitungannya maka jangan heran kalau keuntungan jualan mie ayam bisa 2 kali lipat dari modal. Demi kelangsungan bisnis kuliner tetap berkembang maka beranilah untuk merekrut orang yang benar benar ahli dalam bidang ini khususnya memasak.

Alasan utamanya adalah karena modal yang dibutuhkan relatif kecil untuk mendapat keuntungan yang berkali lipat. Namun, untuk melakukan usaha kuliner rumahan perlu strategi dan perencanaan yang baik. Cara ini menjadi salah satu private branding untuk produk Anda. Kemudian, mulailah mengambil gambar produk dan menampilkan hasilnya di akun media sosial. Gojek sendiri diketahui telah menambahkan fitur baru untuk layanan GoFood miliknya, yaitu Siap Masak. Layanan pada aplikasi Gojek ini dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mengantarkan pesanan pelanggan.

Tips bisnis makanan

Menemukan tempat lokasi usaha yang strategis tidak begitu sulit dengan cara kita peka terhadap situasi serta perkembangan lingkungan sekitar. Selain mudah dibuat, modal untuk usaha ini juga tak terlalu besar. Kamu bisa menyediakan berbagai jenis variasi menu dessert yang akan memanjakan lidah konsumen. Kamu bisa menjual sambal dalam botol-botol kecil agar lebih mudah dijual.

Jangan biarkan konsumen menunggu respon balasan yang terlalu lama. Kalau dulu kita harus datang ke toko untuk membeli suatu barang, sekarang, hanya dengan menggunakan internet dan smartphone/laptop kita bisa dengan mudah membeli barang yang kita inginkan. Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah dari hari ke hari, tak terkecuali dalam hal transaksi jual beli.

Berbekal buyer persona, Anda bisa mengembangkan produk secara tepat dan melakukan promosi produk dengan lebih terarah. Dari beberapa tips tersebut, tentunya keinginan untuk memiliki bisnis makanan makin bulat. Jangan lupa untuk melakukan perencanaan sematang mungkin untuk menghindari kemungkinan kerugian usaha di usia dini. Menjalankan bisnis makanan yang tergolong tidak mudah memang membutuhkan penganggaran yang matang.

Pembiayaan juga perlu direncanakan, seperti biaya mendirikan gerai, biaya listrik dan air serta biaya untuk promosi. Ingatlah bahwa hal ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar Anda benar-benar mendapatkan keuntungan pertama. Jadi pikirkan tentang memulai dari yang kecil dan memilih mitra bisnis Anda dengan bijak, karena mereka akan ada untuk anda untuk sementara waktu.

Ada juga yang memutuskan untuk mempertahankan kegiatan operasional mereka, diiringi dengan tetap menetapkan protokol kesehatan. Selain sehat, makanan ini menjadi populer karena warnanya yang menarik dan Instagrammable. Tak heran warna-warni smoothies bowl bertebaran di Instagram para blogger makanan sehat. Selain menambah pundi-pundi rupiah, kita bisa mengajak orang-orang untuk hidup sehat. Dengan menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan maka akan tercipta loyalitas pada produk. Untuk itu, usahakan untuk membeli pelayanan terbaik seperti responsif ketika mendapat pesanan atau memberi perlakuan spesial pada pelanggan tetap seperti memberi diskon dan lain sebagainya.